Headlines News :
Home » , » RENCANA PEMBUKAAN CPNS 2014 KEPRI DAN KOTA BATAM DISERTAI LATIHAN SOAL CAT CPNS

RENCANA PEMBUKAAN CPNS 2014 KEPRI DAN KOTA BATAM DISERTAI LATIHAN SOAL CAT CPNS

Written By catatan kesederhanaan on Senin, 30 Juni 2014 | 20.37




RENCANA PEMBUKAAN CPNS 2014 KEPRI DAN KOTA BATAM DISERTAI LATIHAN SOAL CAT CPNS

Catatan Kesederhanaan - Hei sobat, waktu pembukaan pendaftaran CPNS tinggal beberapa minggu lagi. Informasi yang kami peroleh Kepri dan Kota Batam berencana akan membuka banyak lowongan CPNS setelah moratorium yang diberlakukan Kemenpan dan RB, Rencana Pembukaan kemungkinan pada Akhir Juli Hingga Pertengahan Agustus 2014ini.. maka rajin2 baca Koran dan website Pemprov Kepri (http://www.kepriprov.go.id) dan Pemko Batam ya (http://batamkota.go.id/) ya…. J

A. PERSYARATAN UMUM
•   Warga Negara Indonesia;
•   Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
•   Memiliki Integritas yang tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;
•   Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
•   Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
•   Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil;
•   Mempunyai kualifikasi pendidikan, kecakapan, keahlian dan keterampilan yang diperlukan;
•   Berkelakuan baik;
•   Sehat jasmani dan rohani; dan
•   Syarat lain yang ditentukan dalam persyaratan jabatan.

B. PERSYARATAN KHUSUS
•   Berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun per-1 Desember 2014, ditunjukkan dengan Fotocopy Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku dan sesuai dengan yang tertera pada Ijazah;
•   Bagi yang usianya lebih dari 35 (Tiga puluh lima) tahun sampai dengan 40 (empat puluh) dapat mengikuti pendaftaran dengan syarat memiliki masa kerja pada instansi pemerintah atau lembaga swasta yang berbadan hukum yang menunjang kepentingan nasional dan masih bekerja terus-menerus sampai dengan dibukanya pendaftaran CPNS, yang dibuktikan dengan melampirkan fotocopy sah surat keputusan bukti pengangkatan pertama dan terakhir; (persyaratan khusus yang digeneralisasi dari syarat pendaftaran CPNS 2013).

Persyaratan administrasi pelamar yakni:
• Fotokopi ijazah beserta transkrip nilai
• Pasfoto terbaru berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak empat lembar
• Fotokopi KTP,

Pada persyaratan khusus di tahun 2014 ini, Surat Keterangan berbadan sehat dari Dokter, Kartu Kuning dan SKCK tidak diperlukan lagi untuk berkas pendaftaran CPNS akan tetapi dibutuhkan nanti jika berhasil lulus tes untuk Verifikasi akhir.

Nantinya pendaftaran CPNS harus dilakukan secara online. Setiap pelamar harus melakukan pendaftaran secara online pada situs yang dibuat khusus oleh panitia penerimaan CPNS.

Alamat website pendaftaran CPNS ini akan diumumkan saat pengumuman pendaftaran sudah dibuka. Pelamar yang telah melakukan pendaftaran secara online akan mendapatkan nomor pendaftaran.

Setelah melakukan pendaftaran online, peserta wajib mengirimkan berkas pendukung dengan gambaran sebagai berikut :

•   Surat Lamaran dibuat dengan tulisan tangan sendiri memakai tinta hitam ditujukan Kepada sesuai instruksi pada pengumuman.
•   Fotocopy KTP yang dilegalisir pejabat berwenang;
•   Foto Copy Ijazah dan transkrip nilai (masing-masing dilegalisir); Catatan : ijazah yang diakui adalah yang sah dikeluarkan dari Sekolah/Perguruan Tinggi Negeri atau dari Sekolah/Perguruan Tinggi swasta yang terakreditasi atau yang telah mendapat ijin operasional/penyelenggaraan dari DIRJEN DIKTI DEPDIKNAS, serta dilegalisir/disahkan oleh Pejabat yang berwenang;
•   Pas photo terbaru ukuran 4 x 6 cm berwarna sebanyak 3 (tiga) lembar;
•   Lamaran dan lampirannya ini kemudian dimasukan dalam amplop kemudian dikirim melalui PO BOX yang ditentukan panitia sesuai batas waktu yang ditentukan.

Selanjutnya akan dilakukan seleksi berkas dan diumumkan nama-nama yang lulus seleksi berkas ini. Bagi yang lulus seleksi berkas akan diberikan nomor ujian tes CPNS dan setelah itu siap mengikuti tes CPNS 2014 yang terdiri dari dua tahap yaitu mengerjakan soal tes kompetensi dasar (TKD), kemudian bagi yang lulus TKD berhak mengikuti tahapan tes terakhir yaitu tes kompetensi bidang (TKB).

Perlu juga diketahui sistem penerimaan CPNS tahun 2014 ini merupakan sistem rekrutment yang baru yang mengutamakan transparansi dan kejujuran dalam proses seleksi. Sehingga yang bisa lulus CPNS tahun 2014 dalah orang-orang yang benar-benar bisa menyeselaikan soal-soal CPNS dengan nilai tertinggi.

Sobat sudah siap nih buat melengkapi alat perangnya ?? Di penerimaan CPNS tahun ini sistemnya sedikit berbeda loh, sekarang pemerintah menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test). Apa?? CAT?? CAT TEMBOK?? bukan sobat, kalau jaman bahulak dulu kala kita kalau ikut penerimaan CPNS pasti ngerjain tes ujian tulisnya menggunakan tangan, manual gitu.
Nah bedanya dengan sekarang, tes tulis yang diberikan ke kita gak ditulis tangan sobat, namun kita akan mengerjakan pake komputer, semua ada dikomputer, kita tinggal klik-klik aja jawabannya yang diberikan di dalam komputer. Sudah canggih ya sobat? hehe.

APA ITU CAT…?

CAT adalah singkatan dari Computer Assisted Test yaitu tes untuk merekrut CPNS yang dilakukan secara online dengan menggunkan komputer. Jadi ujian tidak lagi memerlukan pensil 2B dan papan ujian seperti dalam sistem LJK, tetapi dibutuhkan peralatan komputer yang nantinya disediakan instansi yang mengadakan tes CPNS 2014.

Nah sebelum berperang nyata disoal-soal yang akan diberikan di penerimaan CPNS beberapa minggu lagi, nih kami mencoba mencari beberapa 
Latihan Soal TPA CPNS 2014 Menggunakan Sistem CAT.
Sebenernya gak ada yang tau bagaimanakah bentuk persis tes CPNS dengan menggunakan sistem CAT, soalnya ini baru pertama kali diadakan di Indonesia.
Tapi Beberapa Latihan soalnya ini diusahakan semirip-miripnya dan semoga sangat mirip, hehe.

Di Latihan 
Soal TPA CPNS 2014 Menggunakan Sistem CAT ini ada sekitar 45 soal. Nilai benar per soal adalah 10, jadi nilai totalnya 450. Dengan memberikan kriteria minimal untuk lulus latihan ini, yaitu dapat mengerjakan soal dengan benar sebanyak 80% dari keseluruhan atau sekitar 360 untuk nilai total. Tenang soalnya gak sulit-sulit kok, sobat latihan aja dengan santai yaa? Eiiitt, tapi jangan terlalu santai loh, di 45 soal yang disediakan, sobat hanya punya waktu 15 menit untuk mengerjakan, jika melewati sobat akan dianggap gagal :( .

Gak usah banyak omong lagi, take action langsung kerjain Latihan Soal TPA CPNS 2014 Menggunakan Sistem CAT ini sobat dan jangan lupa masukkan passwordnya dulu ya :)
Klik Link dibawah berikut :


passwordnya : www.soaltpaku.blogspot.com


Bagaimana sobat?? sudah lulus??? Huaduhhhhh banyak yang belum ya??? haha, gak papa bisa diulang lagi kok sepuasnya sampai bener-bener lulus. Kalau sobat masih bingung dengan apa yang dikerjakan, Kami sarankan untuk belajar dulu ya..:), matahari sudah hampir terbit ini harus bergegas, see you next posting sobat…. J
Share this post :

+ komentar + 1 komentar

30 Agustus 2014 08.28

Min mau nanya kalau penerimaan cpns 2014 batam diutamakan yg memiliki ktp batam y??

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Candra Hernawan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger